08-00 - 16-00 WIB 08122994587 08122994587 faizinmebel88@gmail.com d859c7f508122994587

Gebyok Jepara Pintu Gebyokjatijepara

Thursday, February 3rd 2022.
Gebyok-Jepara-Pintu-GEBYOKJATIJEPARA

Gebyok-Jepara-Pintu-GEBYOKJATIJEPARA

Gebyok Jepara Pintu Gebyokjatijepara

Gebyok Jepara Pintu Gebyokjatijepara – Bagi anda yang ingin memiliki rumah dengan pintu gebyok ukir Jepara sebaiknya anda mengetahui segala sesuatu tentang pintu gebyok ukir Jepara terlebih dahulu agar tidak salah beli. Pada artikel kali ini kita akan membahas segala sesuatu tentang pintu gebyok ukir Jepara, mulai dari bahan, ukuran, model ukiran dan finishing, agar nantinya bisa mendapatkan barang yang sesuai dengan kebutuhan di rumah.

Tentang Pintu Gebyok Kayu Jati Jepara

Gebyok sendiri berasal dari bahasa Jawa dan berarti dinding atau sekat rumah. Bahasa “gebyok” sebenarnya tidak hanya mengacu pada dinding kayu, tetapi semua sekat atau dinding rumah disebut dengan gebyok. Entah terbuat dari kayu atau anyaman bambu. Dulu gebyok kayu “dinding” dengan motif “ukiran” identik dengan rumah orang kaya atau bangsawan, sedangkan masyarakat kurang mampu hanya menggunakan dinding kayu tanpa ukiran, bahkan banyak yang menggunakan dinding anyaman bambu. Dengan berkembangnya zaman, gebyok ini menjadi trend interior minimalis dan tidak hanya kalangan bangsawan atau sultan saja yang bisa memilikinya.

Perbedaan Pintu Gebyok Jepara dan Kudus

Perbedaan antara ukiran Jepara terletak pada motifnya. Ukiran keramat tersebut memiliki motif dengan detail-detail kecil dan terdapat simbol-simbol akibat pengaruh budaya Cina, Hindu, Persia/Islam dan Eropa yang diterapkan pada rumah kayu. Sedangkan Jepara memiliki model ukiran yang lebih sederhana dan tidak terlalu kecil, karena sering digunakan untuk furniture rumah.

Ukiran gebyok sendiri pernah berkembang di kota kudus, meski sebagian besar ukirannya berasal dari Jepang. Hal ini dikarenakan masih banyak pengrajin rumah kayu di daerah Kudus yang membutuhkan energi luar. Hingga saat ini perbatasan antara Kudus dan Jepara menjadi sentra pengrajin ukir Gebyok. Tepatnya di kabupaten Nalum Dari dan Mayong Jepara.

 

Perbedaan antara Gebyok dan Gapura

"<yoastmark

Gebyok dan Gapura memiliki arti yang berbeda. Gebyok adalah tembok atau pembatas ruangan model gebyok kayu jati. sedangkan Gapura adalah kusen/tiang pintu. Misalnya, tidak semua gebyok memiliki gapura, seperti gebyok ruang, gebyok manten, bacaan background foto, aksesoris dinding gebyok, dan sebagainya. Gebyok yang terhubung langsung dengan gapura digunakan sebagai pintu utama atau dinding luar, namun ada juga yang digunakan sebagai penyekat auman yang memiliki pintu.

 

Model gebyok dilihat dari pintu

Gebyok Jepara

Gebyok Jepara

Seiring waktu, ukiran Pintu Gebyok tidak lagi terlalu fokus pada simbol. Pengrajin lebih fleksibel dalam mendesain dan mengembangkan kreativitasnya. Model ukiran sekarang lebih mengikuti pasar. Jadi jika dicermati, setiap pengrajin Gebyok memiliki ukiran yang mirip tapi tidak sama. Oleh karena itu, dalam artikel ini saya hanya akan membahas model ukuran global yang sebagian besar dibuat oleh pengrajin Jepang. Kita bisa mengenali model Gebyok secara sekilas dari ukiran pintu dan ukiran di sisi kanan dan atas.

 

Model pintu gebyok ukir jawa

GEBYOK JATI | Gebyok Jati Pintu Rumah Ukir Jepara

Gebyok-Jati

Pintu Gebyok ukir Jawa ini paling banyak diminati, ukirannya tidak terlalu banyak, hanya di bagian tengah pintu dan berbentuk bulat.

 

Model Pintu Ukir Wayang Gebyok atau Kelir

GEBYOK JATI | Gebyok Jati Pintu Rumah Ukir Jepara

Gebyok-Kayu-Jati

Model pintu berwarna pada boneka menjadi favorit saat ini, memiliki bentuk segitiga di pintu, dan ada aliran boneka untuk lebih melapisi pintu dengan gaya artistiknya.

 

Model pintu gebyok ukir cerita Rama Shinta

GEBYOK DUA PINTU UKIR | Jual Gebyok Dua Pintu Ukir-Ukiran Kayu Jati Jepara Model Kusen 2 Pintu Rumah Mewah Klasik Harga Murah

Gebyok-Dua-Pintu-Ukir

Di dalam pahatan relief tersebut terdapat ukiran Rama Shinta dalam cerita wayang. Pintu Gebyok ukiran Rama Sinta ini hampir identik dengan model ukiran Kelir. Namun ukiran Carita Rama Shinta berbentuk bujur sangkar sedangkan warnanya berbentuk segitiga.

 

Model pintu ukir kaligrafi gebyok

Gebyok-Jepara-Ukiran-Kaligrafi

Gebyok-Jepara-Ukiran-Kaligrafi

Ukiran pintu kaligrafi biasanya digunakan untuk masjid atau mushola, namun ada juga yang ditempatkan sebagai pembatas rumah untuk memberikan kesan islami pada rumah tersebut. Tidak hanya ukiran, ukiran pada bagian tepi (isian) dan ukiran atas juga memiliki ukiran kaligrafi.

 

Pintu kaca

Gebyok-Jepara-Modern

Gebyok-Jepara-Modern

Pintu gebyok kaca merupakan pintu gerbang gebyok yang dipadukan dengan daun kaca, kaca ini menjadi daun pintu atau Gebyok Jepara Pintu Gebyokjatijepara.

Rp 3.500.000
Rp 3.000.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 8.500.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)

Iklan Google




Gebyok Jati Jepara

Jual Pintu Utama Gebyok Kayu Jati Ukir-Ukiran Jepara Harga Murah

Gebyok

Kontak Person

  • Telpon: 081 229 945 87
  • S M S: 081 229 945 87
  • WhatsApp: 081 229 945 87
  • Pin BBM: D859C7F5
  • Email: faizinmebel88@gmail.com

Maps

Rekening Bank

Ahmad Faizin 247-172-4485
Ahmad Faizin 135-00-1286983-8
Ahmad Faizin 0306673980
Ahmad Faizin 0611-01-001706-53-7